Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Cras a mauris placerat, ornare lectus sit amet, blandit dui. Sed consectetur nunc vel libero malesuada, ac porta sapien suscipit. Praesent pretium mattis sapien, a molestie sapien ultrices quis. Praesent condimentum sem turpis, at elementum lacus dapibus eu. Phasellus ultricies semper dui nec lacinia. Aenean eget est posuere, tristique ex eget, tincidunt eros. Vivamus ullamcorper venenatis accumsan. Pellentesque dolor diam, consequat ut tempor quis, dapibus sit amet urna. Phasellus nulla ante, tincidunt eget erat nec, convallis lacinia ipsum. Nam convallis orci dui, ac accumsan mauris facilisis eget. Vestibulum sed dui non orci sagittis blandit in eget enim. Donec eget tellus enim. Etiam augue nulla, elementum vitae sapien a, cursus aliquam ante. Proin vitae ligula pharetra, volutpat nisi id, maximus enim. Mauris fringilla justo sed tincidunt sagittis. Sed odio erat, placerat eu massa quis, tincidunt pharetra nibh.

Saturday, October 30, 2010

Wikipedia, Terpertjajakah??



Siapa tidak kenal wikipedia, saat ini wikipedia merupakan ensiklopedi yang populer didunia maya, karena di wikipedia terdapat berbagai informasi yang tidak anda ketahui sebelumnya,namun apakah informasi yang diberikan oleh wikipedia dapat dipercaya atau tidak?



Sedikit tentang wikipedia, dikutip dari: http://id.wikipedia.org/wiki/Wikipedia:Perihal

Wikipedia merupakan ensiklopedia isi bebas yang dimulai pada tahun 2001 (versi bahasa Indonesia dimulai pada tahun 2003). Artikel-artikel di Wikipedia merupakan hasil kolaborasi oleh para penyumbangsih dari seluruh dunia. Situs ini merupakan situs wiki, yang berarti siapapun dapat menyunting artikel, memperbaiki dan menambahkan informasi, hanya dengan mengklik pranala sunting yang berada di atas setiap halaman.


"siapapun dapat menyunting artikel, memperbaiki dan menambahkan informasi", dilihat dari kutipan tersebut, artikel wikipedia dapat disunting oleh siapa saja, yang artinya beberapa argumen bisa saja bertentangan dengan informasi yang diberikan. Namun begitu, para pencari informasi khususnya para pelajar yang membutuhkan sumber referensi untuk tugasnya, banyak yang mengandalkan wikipedia sebagai sumber referensi yang dipercaya. Walaupun artikel yang ada belum tentu benar 100%, setidaknya mereka mendapatkan gambaran informasi.

Selain wikipedia, banyak ensiklopedi digital lainnya di dunia maya baik yang lokal maupun internasional, misalnya saja UGPedia dari Universitas Gunadarma Indonesia.

"UGPEDIA merupakan suatu wadah sumbangsih bagi civitas akademika khususnya dan bagi masyarakat umumnya, disini anda dapat mencari dan memberi arah informasi yang berkaitan dengan Universitas Gunadarma, mulai dari pendaftaran, perkuliahan, alumni, prosedur-prosedur, fasilitas serta hal-hal yang berhubungan dengan istilah yang sering ditemui di lingkup pendidikan universitas."

Selain itu, dari internasional selain wikipedia anda dapat mengunjungi encyclopedia.com , britannica.com , dll.

Kesimpulan, wikipedia merupakan ensiklopedi yang populer saat ini, selain karena keberadaannya di dunia maya yang mudah diakses, wikipedia juga menyadiakan banyak informasi, menurut saya informasi yang terdapat pada wikipedia dapat dipercaya, namun untuk dijadikan suatau referensi, sebaiknya menambahkan sumber informasi dari sumber lainnya seperti buku, blog, dan website yang dapat dipercaya. Bagaimanapun, Wikipedia merupakan ensiklopedi yang digandrungi saat ini.



Referensi:
www.wikipedia.com
www.ugpedia.gunadarma.ac.id
www.britannica.bom
www.encyclopedia.com

No comments :

Post a Comment