Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Cras a mauris placerat, ornare lectus sit amet, blandit dui. Sed consectetur nunc vel libero malesuada, ac porta sapien suscipit. Praesent pretium mattis sapien, a molestie sapien ultrices quis. Praesent condimentum sem turpis, at elementum lacus dapibus eu. Phasellus ultricies semper dui nec lacinia. Aenean eget est posuere, tristique ex eget, tincidunt eros. Vivamus ullamcorper venenatis accumsan. Pellentesque dolor diam, consequat ut tempor quis, dapibus sit amet urna. Phasellus nulla ante, tincidunt eget erat nec, convallis lacinia ipsum. Nam convallis orci dui, ac accumsan mauris facilisis eget. Vestibulum sed dui non orci sagittis blandit in eget enim. Donec eget tellus enim. Etiam augue nulla, elementum vitae sapien a, cursus aliquam ante. Proin vitae ligula pharetra, volutpat nisi id, maximus enim. Mauris fringilla justo sed tincidunt sagittis. Sed odio erat, placerat eu massa quis, tincidunt pharetra nibh.

Saturday, December 18, 2010

Resume game: Super Mario Bros



Siapa yang tidak kenal game yang satu ini?, video game yang dirilis pada konsol NES (Nintendo Entertaintment system) ini sangat populer dari awal kemunculannya pada tahun 80-an hingga sekarang. Pasti bagi anda yang pernah memainkan game ini akan terlempar ke masa kecil dulu ketika mendengar musik khas ala mario bros. Bahkan mario dijadikan maskot Nintendo karena ketenarannya pada saat itu.


Mario pertama kali muncul dalam game Donkey Kong. Pada saat kemunculannya pertama kali Mario belum memiliki nama panggilan, Mario hanya dipanggil dengan nama "Jumpman". Bahkan tadinya Mario dipanggil dengan nama Mr. Video Game di Jepang. Nama Mario diberikan karena karakter Mario sangat mirip dengan pimpinan Nintendo Amerika yang berkebangsaan Italia bernama Mario Seagle. Shigeru Miyamoto sadar betul kalau nama-nama Jepang akan sulit diterima masyarakat umum dan akan mengurangi kepopuleran karakter buatannya di luar Jepang.


Game play

Super mario bros adalah game bertipe platformer. pemain akan mendapati dirinya sebagai mario atau saudaranya (yang hanya sekedar mario dengan warna berbeda) luigi, dalam petualangan menyelamakan putri dari kura-kura raksasa bernama Bowser. meski menyelamatkan putri terdengan cukup klise dan tidak original, untuk game semacam ini cerita tidaklah terlalu penting. dengan setting di mushrom kingdom, super mario bros memiliki banyak musuh yang inovatif dan menantang. mulai dari goomba hingga koopa, semua musuh memiliki satu persamaan dasar, loncat dan injak kepala mereka untuk membunuhnya.

game ini memiliki fitur power-up dalam bentuk jamur dan bunga. pemain mulai dengan mario kecil, ambil jamur untuk power-up menjadi mario yang lebih besar yang akan memiliki kemampuan untuk menghancurkan blok, steelah itu power-up bunga akan mengubah pemain menjadi super mario yang memiliki kemampuan menembakkan bola api.

***

Dilihat dari sisi teknologi, game ini masih menggunakan gambar 2D, mungkin karena belun ada teknologi yang mendukung 3D pada saat itu. Meskipun masih menggunakan 2D, game ini sangat menarik pada saat awal kemunculannya, simple dan menarik untuk dimainkan. Namun, setelah kemajuan teknologi semakin pesat, mario bros di buat dalam game lain dengan grafik yang menjanjikan. misalnya pada konsol Nintendo Wii, game mario bros sudah menggunakan teknologi 3D sehingga akan semakin menarik untuk memainkan game ini. Ada juga game yang masih menggunakan 2D pada konsol Wii, yaitu super mario bros reverse, game ini masih menggunakan 2D, namun di beberapa stage, kita dapat memutar sudut pandang pemain, sehingga telihat seperti 3D.

***

Walau bagaimanapun, game yang satu ini pernah merajai dunia game di eranya, terbukti sampai sekarang game super mario bros ini masih banyak yang mengingatnya, menandakan bahwa sangat polulernya game ini pada saat masa kejayaannya dulu. Game classic dan simple ini telah menjadi legenda di dunia game konsol hingga sekarang.

No comments :

Post a Comment