Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Cras a mauris placerat, ornare lectus sit amet, blandit dui. Sed consectetur nunc vel libero malesuada, ac porta sapien suscipit. Praesent pretium mattis sapien, a molestie sapien ultrices quis. Praesent condimentum sem turpis, at elementum lacus dapibus eu. Phasellus ultricies semper dui nec lacinia. Aenean eget est posuere, tristique ex eget, tincidunt eros. Vivamus ullamcorper venenatis accumsan. Pellentesque dolor diam, consequat ut tempor quis, dapibus sit amet urna. Phasellus nulla ante, tincidunt eget erat nec, convallis lacinia ipsum. Nam convallis orci dui, ac accumsan mauris facilisis eget. Vestibulum sed dui non orci sagittis blandit in eget enim. Donec eget tellus enim. Etiam augue nulla, elementum vitae sapien a, cursus aliquam ante. Proin vitae ligula pharetra, volutpat nisi id, maximus enim. Mauris fringilla justo sed tincidunt sagittis. Sed odio erat, placerat eu massa quis, tincidunt pharetra nibh.

Saturday, January 1, 2011

web editor




Web editor??, yang saya maksud adalah sotfware yang digunakan untuk membangun atau meng-edit sebuah website. Sebenarnya, web dapat dibuat hanya dengan menggunakan notepad bawaan dari micros*ft wind*ws. Namun, tentu saja akan lebih susah karena kita hanya akan bekerja dengan text saja. Untuk mempermudah, para develover membuat software yang bisa digunakan untuk membuat website, disertai dengan template di dalamnya, membuat website jauh lebih mudah. Dari banyak web editor yang ada, saya akan membahas beberapa saja.





1. Dreamweaver

Dreamweaver adalah software aplikasi desain web visual yang biasa dikenal dengan istilah WYSIWYG—What You See Is What You Get—intinya Anda tidak harus berurusan dengan tag-tag HTML untuk membuat sebuah situs. Dreamweaver merupakan program penyunting halaman web keluaran Adobe Systems yang dulu dikenal sebagai Macromedia Dreamweaver keluaran Macromedia. Program ini banyak digunakan oleh pengembang web karena fitur-fiturnya yang menarik dan kemudahan penggunaannya. Versi terakhir Macromedia Dreamweaver sebelum Macromedia dibeli oleh Adobe Systems yaitu versi 8. Jika di kolaborasikan dengan Adobe Photoshop maka akan menjadi sebuah kolaborasi yang sangat powerfull.





2. Artisteer

Artisteer adalah sebuah aplikasi untuk membuat template web termasuk si dalamnya template blogger, wordpress, joomla, dll. Cukup dengan mouse, anda bisa membuat template utuh, karena pada artisteer kita hanya cukup dengan klik-klik-klik icon dan perintah yang ada, atau dengan tombol suggest design maka komputer akan memilihkan kombinasi warna dan object yang anda inginkan. Namun sayangnya, ketika saya coba menggunakan versi cr*ck-nya, artisteer tidak bisa membuka file yang kita simpan, kalo yang full version, meneketehe... hehehe.., silahkan anda beli dan buktikan sendiri.

Bagi anda yang suka opensource, saya akan mencoba membahas web editor yang open source.



1. Bluefish editor

Bluefish Editor adalah text editor yang powerfull yang khusus digunakan untuk programmer dan juga web design.fitur-fitur yang disediakan oleh Bluefish ini adalah

-Ringan – Bluefish menggunakan GUI Editor yang ringan dan hanya memakan 30-40% dari memori
-Cepat – Bluefish sangat cepat dalam men-load semua library yang dibutuhkan sehingga startupnya sangat sepat
-A What You See Is What You Need interface – mempunyai interface WYSIWYG
-Mendukung banyak bahasa pemrograman
-dan masih banyak fitur-fitur lainnya.

sumber: id.wikipedia.org
http://bluefish.openoffice.nl/


No comments :

Post a Comment