Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Cras a mauris placerat, ornare lectus sit amet, blandit dui. Sed consectetur nunc vel libero malesuada, ac porta sapien suscipit. Praesent pretium mattis sapien, a molestie sapien ultrices quis. Praesent condimentum sem turpis, at elementum lacus dapibus eu. Phasellus ultricies semper dui nec lacinia. Aenean eget est posuere, tristique ex eget, tincidunt eros. Vivamus ullamcorper venenatis accumsan. Pellentesque dolor diam, consequat ut tempor quis, dapibus sit amet urna. Phasellus nulla ante, tincidunt eget erat nec, convallis lacinia ipsum. Nam convallis orci dui, ac accumsan mauris facilisis eget. Vestibulum sed dui non orci sagittis blandit in eget enim. Donec eget tellus enim. Etiam augue nulla, elementum vitae sapien a, cursus aliquam ante. Proin vitae ligula pharetra, volutpat nisi id, maximus enim. Mauris fringilla justo sed tincidunt sagittis. Sed odio erat, placerat eu massa quis, tincidunt pharetra nibh.

Wednesday, May 11, 2011

WEB yang baik



Web atau website merupakan media komus=nikasi yang dapat diandalkan pada saat ini, baik dalam bidang pendidikan bahkan bidang ekonomi. Untuk bidang pendidikan website merupakan media yang paling mudah digunakan, tinggal cari di google, maka anda akan mengetahuinya (ilmu). Sementara di bidang ekonomi, biasanya website dipakai untuk media promosi, baik berupa iklan maupun penawaran barang, bahkan penjualan online yang sedang ngetren di tahun 2011 ini. Namun tentunya, kita harus pintar dalam merancang sebuah website, agar pengunjung betah untuk sekedar melihat-lihat web anda.

Berikut merupakan syarat web yang baik menurut saya:

1. Desain

Sebuah web yang baik, tentunya harus enak dilihat, dengan menggunakan kombinasi gambar yang menarik, web anda dapat terlihat lebih baik. sebaiknya pilih layout 2 column agar web anda terlihat luas. Pilih template atau buat tata letak yang menurut anda bagus, sehingga pengunjung betah berada di web anda.

2. Font

Pilih Font yang mudah dibaca oleh orang, jangan menggunakan font yang sulit dibaca, jika menurut anda font yang anda pilih bagus namun sulit untuk dibaca, sebaiknya font tersebut digunakan untuk kata-kata yang ada di web anda seperti header pada sebuah widget, font seperti ini jangan digunakan untuk isi dari web karena akan sulit dibaca sehingga pengunjung dapat meninggalkan web anda.

Gunakan font yang besar dan warna yang pas dengan background website anda.

3. Warna

Warna bisa dibilang hal yang paling penting dalam pembuatan website. Mata memiliki kemampuan yang berbeda untuk seberapa lama anda mampu memandang warna tersebut. Misalnya kombinasi warna hidup dengan mati seperti hitam dengan kuning, menciptakan kontras yang terlalu besar, sehingga warna seperti ini lebih cepat lelah untuk dipandang, bahkan jika terlalu lama akan membekas beberapa saat pada mata anda. Sebaiknya gunakan warna ringan seperti putih dengan biru atau putih dengan warna lainnya.

4. Alur

Alur adalah cara anda meletakkan isi tulisan maupun gambar, gunakan alur yang mudah dimengerti seperti rata kiri atau kanan, jangan mengkombinasikan kiri dan kanan karena akan membuat bingung pengunjung web anda.



5. Ruang istirahat

Ruang yang dimaksud disini adalah tempat untuk mengistirahatkan mata pengunjung, dapat menggunakan gambar yang berada diantara teks, sehingga mata anda tidak terpaku pada tulisan. Ruang isi juga dapat dibuat dengan cara menyediakan lahan kosong di kiri dan kanan web anda dengan warna putih.

6. Isi

Ada yang mengatakan "isi adalah raja", sebuah web yang baik tentunya tidak melenceng dari tujuannya yaitu untuk menyampaikan isi dari informasi yang ada pasang. Isi yang berkualitas sangat dicari oleh para pengunjung, maka dari itu usahakan buat isi yang berkualitas dan original, jangan mengcopy dari orang lain, karena ini berpengaruh pada hasil search engine seperti google, makin beda makin diatas.

7. Waktu akses

"Time is Money" kata orang barat bilang. waktu akses merupakan salah satu yang paling penting yang harus diperhatikan. Semakin lama waktu load web anda semakin cepat pengunjung meninggalkan web anda. Maka dari itu, gunakanlah teknik slice (memotong) pada gambar yang menghiasi web anda, jangan menggunakan gambar yang terlalu besar. pilih webhost yang baik dalam soal kecepatan akses.

8. Iklan

Walaupun dapat mendatangkan uang, keberadaan iklan ternyata mengganggu para pengunjung. Biasanya blogger yang mencari uang lebih mementingkan iklan dibanding isi, iklan yang banyak tidak sebanding dengan isi yang berkualitas merupakan salah satu cirinya. Ingat, tujuan anda membuat web adalah menyampaikan informasi, maka sebisa mungkin untuk tidak memasang iklan banyak-banyak, secukupnya aja lah..

Sekian butir-butir yang menurut saya dapat menggolongkan web berada pada kategori baik atau buruk.

terima kasih.

original post****

No comments :

Post a Comment