Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Cras a mauris placerat, ornare lectus sit amet, blandit dui. Sed consectetur nunc vel libero malesuada, ac porta sapien suscipit. Praesent pretium mattis sapien, a molestie sapien ultrices quis. Praesent condimentum sem turpis, at elementum lacus dapibus eu. Phasellus ultricies semper dui nec lacinia. Aenean eget est posuere, tristique ex eget, tincidunt eros. Vivamus ullamcorper venenatis accumsan. Pellentesque dolor diam, consequat ut tempor quis, dapibus sit amet urna. Phasellus nulla ante, tincidunt eget erat nec, convallis lacinia ipsum. Nam convallis orci dui, ac accumsan mauris facilisis eget. Vestibulum sed dui non orci sagittis blandit in eget enim. Donec eget tellus enim. Etiam augue nulla, elementum vitae sapien a, cursus aliquam ante. Proin vitae ligula pharetra, volutpat nisi id, maximus enim. Mauris fringilla justo sed tincidunt sagittis. Sed odio erat, placerat eu massa quis, tincidunt pharetra nibh.

Sunday, May 30, 2010

Tanggung Jawab

Keberadaan manusia di muka bumi ini tidak lepas dari kehendak Allah SWT, sehingga kita patut bersyukur apa yang telah dilimpahkannya kepada kita, baik itu berupa hal baik, maupun hal yang buruk. Namun, semua kenikmatan yang Allah berikan kepada kita sudah sepatutnya kita mensyukurinya, dan tentu saja kita harus melihat diri kita, apakah kenikmatan yang Allah berikan kepada kita sudah sebanding dengan tanggung jawab yang kita laksanakan???.

Marilah kita berkaca sejenak, tanggung jawab kita sebagai hamba-Nya tentu saja tidak bisa main main dalam pelaksanaannya, apabila kita diberi nikmat yang begitu berlimpah, sudah sepatutnya kita mensyukurinya dengan menyelesaikan atau melaksanakan tanggung jawab tersebut. Namun, apa bila kita lalai dalam melaksanakan tanggung jawab itu, misalnya solat lima waktu, dan lain sebagainya, pantaskah kita mendapat begitu banyak nikmat yang telah diberikan-Nya kepada kita??, sehingga orang yang lalai pun akan mempertanggung jawabkan perbuatannya selama hidup di dunia ini. 

Begitu juga tanggung jawab kita dalam kehidupan dunia ini, tanggung jawab untuk menjaga alam semesta, tanggung jawab dalam pekerjaan, dan lain sebagainya, apabila kita sedikit saja lalai dalam melaksanakan tanggung jawab itu, maka tidak menutup kemungkinan apa yang kita perbuat itu berbalik pada kita, misalnya saja, apabila kita lalai dalam merawat atau menjaga kelestarian alam kita, maka akan berdampak buruk bagi kehidupan manusia itu sendiri, salah satu contohnya adalah pemanasan global, berkat tangan manusia yang tidak bertanggung jawab, dunia ini semakin rusak, semakin panas dari tahun ketahun, bahkan dalam 1 dekade ini, air pantai naik beberapa senti karena gunung es yang mencair. Sudah sepatutnya kita sebagai insan yang paling bertangung jawab atas kerusakan alam ini bersama-sama memperbaiki, atau setidaknya mengurangi  dari kegiatan yang tidak bertanggung jawab seperti itu.



No comments :

Post a Comment