Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Cras a mauris placerat, ornare lectus sit amet, blandit dui. Sed consectetur nunc vel libero malesuada, ac porta sapien suscipit. Praesent pretium mattis sapien, a molestie sapien ultrices quis. Praesent condimentum sem turpis, at elementum lacus dapibus eu. Phasellus ultricies semper dui nec lacinia. Aenean eget est posuere, tristique ex eget, tincidunt eros. Vivamus ullamcorper venenatis accumsan. Pellentesque dolor diam, consequat ut tempor quis, dapibus sit amet urna. Phasellus nulla ante, tincidunt eget erat nec, convallis lacinia ipsum. Nam convallis orci dui, ac accumsan mauris facilisis eget. Vestibulum sed dui non orci sagittis blandit in eget enim. Donec eget tellus enim. Etiam augue nulla, elementum vitae sapien a, cursus aliquam ante. Proin vitae ligula pharetra, volutpat nisi id, maximus enim. Mauris fringilla justo sed tincidunt sagittis. Sed odio erat, placerat eu massa quis, tincidunt pharetra nibh.

Sunday, September 26, 2010

New Media



Pada zaman dahulu, sebelum manusia mengenal teknologi canggih seperti sekarang, perkembangan media untuk menyampaikan informasi berkembang dengan pesat, seperti yang dahulu koran sebagai media informasi yang sangat populer ketika itu, namun seiring dengan perkembangan zaman, muncul media baru (new media) yang digunakan untuk menyebarkan informasi, seperti misalnya radio, kemudian televisi, hingga sekarang internet yang sangat diminati oleh orang banyak. Dengan ditemukannya media baru, kemudahan untuk mendapat informasi pun menjadi lebih mudah dan cepat.


New Media, mendefinisikan Media Baru sebagai produk teknologi komunikasi dimediasi datang bersama-sama dengan komputer digital. Sebelum 1980-an media diandalkan terutama pada model cetak dan analog seperti koran, bioskop televisi, dan radio. Sekarang kita punya radio televisi, digital dan bioskop,sementara bahkan mesin cetak telah diubah oleh teknologi digital yang baru seperti perangkat lunak manipulasi gambar seperti Adobe Photoshop dan alat-alat desktop publishing. New Media mungkin istilah yang tidak ideal untuk teknologi, tetapi itu adalah salah satu yang semakin diakui secara internasional dan salah satu yang umumnya terkait dengan transformasi teknologi komunikasi yang baru-baru ini diambil tempat.



Di jantung pergeseran budaya berdirilah Internet, jaringan utama jaringan. Dengan berakar pada 1950-an dan 1960-an, internet tidak terlalu baru . Apa yang baru adalah rangkaian yang saling terikat jaringan komputer bersama oleh satelit, kabel nirkabel, serat optik dan kawat yang telah memungkinkan model tradisional komunikasi massa untuk secara radikal diubah. Melalui keyworddriven mesin pencari internet seperti 'Yahoo', 'Lycos', 'Ask Jeeves', 'Alta Vista' dan'Google', jutaan orang di seluruh dunia kini memiliki akses cepat dan mudah yang luas dan jumlah beragam informasi secara online.



Jadi, new media adalah suatu istilah yang digunakan untuk mencari atau menciptakan media yang dapat digunakan untuk menukar berbagai informasi. Disebut new media karena pada zaman diciptakannya media informasi yang berupa media cetak beralih dari generasi ke generasi lainya yang menunjukkan kemajuan yang sangat pesat dengan diciptakannya media baru seperti televisi, internet, dan media baru lainnya yang mungkin lebih canggih dari media yang ada pada zaman sekarang.

sumber:"DIgital Cultures: Understanding New Media" by Glen Creeber and Royston Martin.

No comments :

Post a Comment