Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Cras a mauris placerat, ornare lectus sit amet, blandit dui. Sed consectetur nunc vel libero malesuada, ac porta sapien suscipit. Praesent pretium mattis sapien, a molestie sapien ultrices quis. Praesent condimentum sem turpis, at elementum lacus dapibus eu. Phasellus ultricies semper dui nec lacinia. Aenean eget est posuere, tristique ex eget, tincidunt eros. Vivamus ullamcorper venenatis accumsan. Pellentesque dolor diam, consequat ut tempor quis, dapibus sit amet urna. Phasellus nulla ante, tincidunt eget erat nec, convallis lacinia ipsum. Nam convallis orci dui, ac accumsan mauris facilisis eget. Vestibulum sed dui non orci sagittis blandit in eget enim. Donec eget tellus enim. Etiam augue nulla, elementum vitae sapien a, cursus aliquam ante. Proin vitae ligula pharetra, volutpat nisi id, maximus enim. Mauris fringilla justo sed tincidunt sagittis. Sed odio erat, placerat eu massa quis, tincidunt pharetra nibh.

Monday, October 8, 2012

Bisnis Informatika



Apa itu bisnis informatika ?
       "Dalam ilmu ekonomi, bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba. Secara historis kata bisnis dari bahasa Inggris business, dari kata dasar busy yang berarti "sibuk" dalam konteks individu, komunitas, ataupun masyarakat. Dalam artian, sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan." (wikipedia).
       "Informatika (Inggris: Informatics) merupakan disiplin ilmu yang mempelajari transformasi fakta berlambang yaitu data maupun informasi pada mesin berbasis komputasi. Disiplin ilmu ini mencakup beberapa macam bidang, termasuk di dalamnya: sistem informasi, ilmu komputer, ilmu informasi, teknik komputer dan aplikasi informasi dalam sistem informasi manajemen. Secara umum informatika mempelajari struktur, sifat, dan interaksi dari beberapa sistem yang dipakai untuk mengumpulkan data, memproses dan menyimpan hasil pemrosesan data, serta menampilkannya dalam bentuk informasi. Aspek dari informatika lebih luas dari sekedar sistem informasi berbasis komputer saja, tetapi masih banyak informasi yang tidak dan belum diproses dengan komputer." (wikipedia).
Dari kedua kutipan diatas, dapat disimpulkan bahwa bisnis informatika merupakan suatu kegiatan ekonomi yang bertujuan untuk mendapatlkan keuntungan dengan menjual jasa dibidang informatika /informasi seperti misalnya jasa pembuatan aplikasi, instalasi jaringan, jasa pembuatan sistem, dll yang mencakup bidang informasi. Bisnis Informatika disini lebih condong ke arah perkembangan dunia teknologi khususnya komputer yang tidak jauh dengan teknologi informasi.


Terdapat beberapa peluang usaha dalam bisnis ini, misalnya :

1. Software Development.
Pada bidang ini, produsen menyediakan jasa pembuatan software, baik itu aplikasi berbasis web maupun berbasis desktop, pada bisnis ini tidak memerlukan modal yang besar, diperlukan kerjasama team dan ilmu yang cukup untuk menggeluti bisnis yang boleh dibilang baru ini. Pada software development, penyedia jasa akan membuat software sesuai dengan keinginan dari konsumen.
2. Instalasi jaringan.
Bidang ini mencakup perancangan jaringan, sistem keamanan jaringan, serta instalasi server untuk kebutuhan jaringan konsumen, jika dibandingkan dengan software development, bidang yang satu ini membutuhkan modal yang cukup besar, sehingga biasanya pengusaha yang berada pada level ini perusahaan berpengalaman dalam bidang instalasi jaringan. 
3. Toko Online.
Bidang yang satu ini merupakan bidang yang paling populer, dengan adanya teknologi internet, kini pada pedagang tidak perlu repot-repot untuk mempromosikan barangnya, cukup dengan menyebarkan link website di social media konsumen bisa melihat barang yang dijual dari toko online ini, sehingga bisa menghemat biaya promosi.
Kegiatan bisnis ini pasti memerlukan Sumber Daya Manusia yang kompeten dan memliki kemampuan di bidang IT. Disini saya mengambil contoh Google.inc.


Google merupakan search engine terbesar saat ini, siapa yang menyangka perusahaan sebesar ini pada mulanya dibangun oleh dua orang mahasiswa pada saat itu. Tetapi kini perusahaan ini semakin besar karena google telah bekerja sama dan meng-akuisisi beberapa perusahaan lainnya yang bergerak di bidang informatika. Misalnya saja android sistem operasi yang saat ini sedang digandrungi oleh anak muda. Merupakan hasil pembelian pada perusahaan android. 

Dalam perekrutan tenaga kerja google, seperti perusahaan lainnya, google menyelesi tenaga kerja dengan cara interview, atau wawancara. Dengan banyaknya bidang yang digeluti oleh perusahaan ini, membuat google membutuhkan banyak tenaga kerja dari mulai engineer, programmer, sampai dengan marketing. 

Hingga saat ini, google merupakan searh engine yang terlengkap, mulai dari menyediakan email gratis melalui Gmail, peta dari GoogleMaps, dll. yang berguna bagi para pengguna setianya.

Referensi:

Referensi :
  1. http://id.wikipedia.org/wiki/Bisnis.
  2. http://id.wikipedia.org/wiki/Informatika.

No comments :

Post a Comment