Apa itu Marketing mix?
Marketing mix merupakan strategi pemasaran yang menyampurkan 4 variabel atau kegiatan yang merupakan kegiatan inti dari perusahaan yaitu Product, Place, Promotion, Price, sehingga dengan cara ini, diharapkan mendapatkan hasil yang memuaskan dengan cara seefektif mungkin.
1. Product
Product / produk merupakan barang atau jasa yang diperjual-belikan dalam suatu usaha, dengan product yang berkualitas, dijamin calon pembeli akan tertarik, meskipun harga barang tersebut terbilang cukup mahal, ketersediaan produk juga merupakan hal penting yang harus diperhatikan dalam dunia usaha, daya saing yang kuat menekan para penjual untuk menyediakan stok barang yang ada. Seberapa lengkap produk yang anda jual juga menjadi pertimbangan seorang calon pembeli untuk memilih toko anda.
2. Price
Price atau harga merupakan faktor yang sangat penting dalam dunia usaha, jika harga terlalu mahal, pelanggan akan pindah ke toko lain, namun, jika harga yang ditawarkan terlalu murah, maka pembeli bisa saja meragukan kualitas barang yang dijual, maka dari itu, mengikuti harga pasar merupakan langkah yang tepat. Sesekali mengadakan promo di hari besar nasional merupakan cara yang efektif untuk mendapatkan pembeli.
3. Promotion
Promosi merupakan salah satu teknik pemasaran yang sangat berguna untuk menarik pembeli untuk membeli sebuah produk ditoko anda, dengan adanya promosi (walaupun tidak sering) pada moment ini pengunjung dapat naik dari hari biasanya.
4. Place
Element terakhir dari 4P adalah place /tempat, ketersediaan toko anda di berbagai kota memungkinkan toko tersebut dikenal orang dan direkomendasikan oleh orang-orang, maka dari itu pilih tempat yang stategis untuk menjual produk anda.
No comments :
Post a Comment