Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Cras a mauris placerat, ornare lectus sit amet, blandit dui. Sed consectetur nunc vel libero malesuada, ac porta sapien suscipit. Praesent pretium mattis sapien, a molestie sapien ultrices quis. Praesent condimentum sem turpis, at elementum lacus dapibus eu. Phasellus ultricies semper dui nec lacinia. Aenean eget est posuere, tristique ex eget, tincidunt eros. Vivamus ullamcorper venenatis accumsan. Pellentesque dolor diam, consequat ut tempor quis, dapibus sit amet urna. Phasellus nulla ante, tincidunt eget erat nec, convallis lacinia ipsum. Nam convallis orci dui, ac accumsan mauris facilisis eget. Vestibulum sed dui non orci sagittis blandit in eget enim. Donec eget tellus enim. Etiam augue nulla, elementum vitae sapien a, cursus aliquam ante. Proin vitae ligula pharetra, volutpat nisi id, maximus enim. Mauris fringilla justo sed tincidunt sagittis. Sed odio erat, placerat eu massa quis, tincidunt pharetra nibh.

Wednesday, April 24, 2013

Teori Komputasi dan Implementasinya



Komputasi menurut bahasa berasal dari kata compute yang berarti menghitung, (hitung). Jadi, Teori komputasi merupakan sebuah ilmu yang mempelajari bagaimana sebuah persoalan dapat dipecahkan dengan sebuah perhitungan matematika, Seperti kutipan yang saya ambil dari sumber wikipedia dibawah ini:
Teori komputasi adalah cabang ilmu komputer dan matematika yang membahas apakah dan bagaimanakah suatu masalah dapat dipecahkan pada model komputasi, menggunakan algoritma.  Sumber : Wikipedia
Dengan adanya ilmu tersebut, manusia menciptakan komputer sebagai mesin penghitung yang masih diandalkan sampai saat ini. "Hitung" disini bukan berarti hanya menghitung angka saja, tetapi bagaimana memecahkan sebuah masalah dengan cara merubahnya kedalam bentuk numerik, sehingga komputer dapat memecahkan masalah tersebut karena sudah dipetakan kedalam bentuk angka.

Seiring perkembangan teknologi, teori komputasi semakin berkembang, sehingga membutuhkan hardware yang mampu menangani perkembangan tersebut. Contohnya, processor komputer pada saat ini semakin taun semakin bertambah kecepatannya, itu membuktikan bahwa masalah yang ingin dipecahkan oleh manusia semakin besar, sehingga memicu para vendor untuk memenuhi kebutuhan konsumen.

Namun, tidak semua permasalahan dapat dipecahkan dengan satu processor saja, hal ini membuat para ilmuan mencari cara lain untuk memecahkan masalah komputasi ini, maka lahirlah apa yang disebut sebagai komputer paralel, dimana sekumpulan komputer yang berbeda dapat mengerjakan process yang sama. Selain itu, muncul juga istilah cloud computing, teknologi ini sedang berkembang di era komputasi modern.

IMPLEMENTASI : 

1. Bidang Fisika :

Pada bidang Fisika, komputasi dapat digunakan untuk membantu orang yang bekerja di bidang astronomi, contohnya, ketika roket yang akan keluar angkasa dihitung jarak jatuhnya roket pada saat dilepaskan dilangit, sehingga bagian roket yang jatuh tidak mengenai daerah yang berpenduduk, pada kasus ini diperlukan super komputer yang dapat men-simulasikan kejadian tersebut.

2. Bidang Kimia :

Pada bidang Kimia, komputasi dapat digunakan dalam Komputasi Molekul, contohnya untuk mengetahui Sifat-sifat molekul, seperti energi, struktur, momen dipol, keterpolaran, atau hyperpolarizability merupakan beberapa besaran yang dapat dihitung lewat perhitungan. Dalam komputasi molekul, terdapat beberapa teknik untuk menghitung sifat-sifat molekul, yaitu mekanika molekul, teori fungsi kerapatan atau teori struktur elektron.
 
3. Bidang Ekonomi

Komputasi dapat digunakan untuk memecahkan masalah ekonomi contohnya seperti Data Mining, dengan data mining, sebuah perusahaan dapat memecahkan masalah dengan cara yang seefektif mungkin.

4. Bidang Geografi

Teknologi komputer dapat digunakan untuk, memetakan sebuah daerah. contohnya GIS (Geographic Information System) dengan teknologi ini muncul perangkat baru seperi GPS, yang memudahkan dalam pencarian rute perjalanan.

Kesimpulan:

Dengan semakin besarnya kebutuhan manusia untuk memecahkan suatu masalah, mendorong teknologi komputasi untuk berkembang mengikuti perkembangan zaman, sehingga pada saat ini muncul teknologi baru seperti komputer paralel, cloud computing, dll. untuk memecahkan sebuah masalah yang tidak bisa dipecahkan oleh komputer yang biasa (bisa dipecahkan tetapi membutuhkan waktu yang lama untuk sebuah komputer).

Sumber :





No comments :

Post a Comment